Potensi Perikanan Laut Maluku Utara dan Sekitarnya

Pelagis Besar

Pelagis Besar

Ikan Pelagis adalah kelompok Ikan yang berada pada lapisan permukaan hingga kolom air. Ciri utama ikan pelagis  adalah dalam beraktivitas selalu membentuk gerombolan (schooling) dan melakukan migrasi untuk berbagai kebutuhan hidupnya.

Perkiraan Potensi Ikan Pelagis per tahun adalah sebesar 106.510 Ton. Namun tingkat produksi per tahun sebanyak 37.460 Ton. Sehingga tingkat pemanfaatannya masih sekitar 35,17%

Pelagis Kecil

Pelagis Kecil

Ikan pelagis kecil biasa berada di tubiran karang dan selalu berpindah tempat. Ikan pelagis kecil misalnya : teri, lemuru, tembang, japuh, kembung. Ditangkap dengan alat penangkap berupa jaring, seperti jaring insang, jaring lingkar, pukat cincin, payang, bagan, pukat tepi dan pakaya.

Perkiraan Potensi Ikan Pelagis Kecil per tahun adalah sebesar 379.440 Ton. Namun tingkat produksi per tahun sebanyak 119. 430 Ton Ton. Sehingga tingkat pemanfaatannya masih sekitar 31,48%.

Demersal

Demersal

Ikan demersal adalah ikan yang hidup dan makan di dasar laut dan danau (zona demersal). Lingkungan mereka pada umumnya berupa lumpur, pasir, dan bebatuan, jarang sekali terdapat terumbu karang. Sehingga berdasarkan definisi ini, ikan demersal dapat ditemukan dari lingkungan pantai hingga zona laut dalam (abyssal zone), dan terbanyak ditemukan di lingkungan dekat punggung laut.

Perkiraan Potensi Ikan Demersal per tahun adalah sebesar 83.840 Ton. Namun tingkat produksi per tahun sebanyak 32.140 Ton. Sehingga tingkat pemanfaatannya masih sekitar 38,33%.

Sumber: ppnternate.blogspot.co.id

About humas

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Provinsi Maluku Utara
This entry was posted in Potensi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *